Ciptakan Privilege Dengan Cara Menyikapi Privilege Itu Sendiri!

cara menyikapi privilege
Foto: freepik.com

Cara Menyikapi Privilege – Kenapa sih kita sering sekali mempermasalahkan keistimewaan yang orang lain miliki. Jika dia memiliki keluarga yang kaya, pintar, berkuasa, membuat kita merasa dirugikan. Meskipun pada kenyataannya, di lingkungan kita sering sekali memanfaatkan hal ini.

Dulu mungkin kita sering mengenal kata anak emas. Dia yang selalu diistimewakan, dikarenakan sesuatu yang dia miliki. Entah itu paras yang cantik atau ganteng. Dia memiliki keluarga yang pintar, kaya dan berkuasa.

Hal itu membuat kita yang merasa tidak memiliki latar belakang yang sama dengan mereka terintimidasi. Dan seolah menyalahkan takdir, kenapa aku tidak mendapatkan keistimewaan seperti itu? Kenapa orang lain bisa seperti itu.

Beberapa orang bahkan tidak berani untuk bermimpi dikarenakan mimpinya akan terkalahkan dengan orang yang memiliki privilege. Tak memiliki privilege pun kita tetap sukses dengan caranya sendiri.

Sebelum kita membahas cara menyikapi privilege, kita cari tahu terlebih dahulu apa itu Privilege.

Apa itu Privilege?

cara menyikapi privilege
Foto: freepik.com

Privilege adalah suatu istilah yang memiliki makna atau maksud hak istimewa. Hak istimewa yang diberikan kepada beberapa orang dikarenakan keadaan atau latar belakang tertentu. Dan sebenarnya memiliki makna yang relatif. Karena alasannya pun berbagai macam.

Istilah ini pernah menjadi trending topic yang dibahas oleh masyarakat di Twitter/X. Dan banyak yang mengkonotasikan ke makna negatif. Dikarenakan privilege ini dianggap mengabaikan keunggulan orang yang tidak memiliki keistimewaan.

Contoh sederhana yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah privilege yang dimiliki oleh orang yang memiliki paras yang cantik. Di tempat yang umum, orang cantik akan lebih diistimewakan pada momen tertentu.

Di saat kondisi seperti itu, siapakah yang akan disalahkan? Dia yang cantik atau orang yang memperlakukannya karena dia yang cantik?

Contoh lain yang sering terjadi di dunia kerja, dikarenakan privilege yang dia miliki, seperti keluarga yang berkuasa, atau kenalan dekat atasan. Mereka akan ditoleransikan dalam melakukan kesalahan.

Hal-hal seperti ini yang membuat yang orang lain menganggap bahwa memiliki privilege lebih tidak disukai.

Privilege Yang Harus Kita Syukuri

cara menyikapi apa itu privilege
Foto: Freepik.com

Sewaktu kecil, aku sering bertanya-tanya kenapa orang lain lebih dimudahkan dalam berbagai hal. Dikarenakan orangtua mereka guru, pengusaha yang kaya, dan lainnya seperti semuanya yang mereka inginkan bisa mereka dapatkan.

Kala itu aku masih memikirkan bahwa semua tentang harta dan kekayaan. Karena aku dari keluarga yang sederhana, harus berusaha terlebih dahulu jika menginginkan sesuatu.

Namun, dewasa ini, aku menyadari, ternyata ada privilege yang lebih patut aku syukuri. Yaitu, memiliki keluarga yang selalu ada untuk kita. Yang mau mendengar cerita kita disaat kita bahagia dan sedih. Keluarga yang selalu memberikan kata nasihat dengan cara yang baik dan lembut.

Karena tak semua anak yang bisa mendapatkan hal itu. Dan itu akan membentuk karakter kita disaat usia dewasa.

Menciptakan Privilege

Apa itu privilege
Foto: Freepik.com

Tak apa kita tidak memiliki privilege yang orang lain miliki. Kita bisa menciptakan privilege itu sendiri. Jika kita memikirkan konotasi negatifnya, kapan kita akan bisa melangkah untuk sukses?

Privilege itu tak selalu didapatkan keluarga, harta, latar belakang. Kita bisa menciptakan privilege itu sendiri. Lihat disekitar kita, apakah kita sudah membuka mata?

Untuk menciptakan privilege itu dibutuhkan kesadaran diri. Bahwa kita mampu menggapai apa yang kita inginkan dengan usaha sendiri.

Lalu bagaimana cara menciptakan privilege? Yuks, simak!

  • Selesaikan pendidikan

Sadarkah teman-teman? Bahwa tingkat pendidikan kamu itu merupakan privilege pertama yang bisa kamu miliki. Perlakuan orang akan berbeda antara lulusan SMA, sarjana, master atau profesor.

Nah, untuk hal ini, selesaikanlah pendidikanmu terlebih dahulu. Seberapa jauh yang kamu mampu. Meskipun banyak yang mengatakan, pendidikan tidak penting. Itu salah!

Pendidikan itu sangat penting. Karena dapat mengubah pola pikir seseorang dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mendalami kemampuan yang dimiliki

Jika kamu memiliki bidang yang kamu sukai atau kuasai. Kamu harus mendalami kemampuan yang kamu miliki ini. Karena disaat kamu dapat menguasai sebuah bidang. Maka, orang akan lebih mengapresiasikan kemampuan kamu.

Tanpa akan melihat latar belakang yang kamu miliki, karena mereka hanya akan melihat kemampuan kamu.

  • Perluas jaringan pertemanan

Teman, bisa menjadi salah satu privilege yang kita miliki. Dengan siapa kita berteman akan mempengaruhi kehidupan kita.

Jika kamu ingin sukses, cobalah berteman dengan orang-orang yang sukses. Atau jika kamu memiliki bidang yang kamu sukai, maka kamu bertemanlah dengan orang-orang yang di bidang yang sama. Jadi, perluaskan jaringan pertemanan kamu dengan orang-orang hebat dibidangnya.

  • Jaga attitude yang baik

Sesaat aku teringat dengan BTS, salah satu boy grup Korea yang kini sukses secara internasional. Mereka tidak memiliki privilege seperti boy grup lain yang berasal dari agensi yang besar. Mereka lahir dari agensi kecil yang masih merintis, bahkan saat menjadi trainer, mereka tinggal di asrama yang kecil dengan kasur tingkat yang dalam satu ruangan berisi mereka semua.

Selain kerja keras dan konsisten mereka dalam bermusik, ada hal lain yang disebutkan oleh orang yang pernah bertemu langsung dengan member BTS. Yaitu, attitude mereka yang baik.

BTS lebih dihargai karena attitude baik mereka, itulah yang menyebabkan mereka bisa menjadi boygrup yang dianggap aset negara Korea Selatan hingga saat ini.

  • Memiliki konsistensi dan tujuan

Untuk menjadi sesuatu, kamu perlu memiliki tujuan terlebih dahulu. Kamu ingin menjadi apa? Mau kemana? Jika kamu sudah memiliki tujuan, maka langkah selanjutnya adalah kamu konsisten dalam bidang tersebut.

Ingat, tak ada yang instan, apa yang kamu inginkan harus kamu siapkan dari sekarang. Karena apa yang kamu lakukan saat ini adalah untuk kamu menjadi apa di masa depan.

Maka persiapkan tujuan dan konsisten dalam melakukan hal yang baik dan bermanfaat.

Cara Menyikapi Privilege

Apabila kamu sudah memiliki privilege itu sendiri, hal yang perlu kamu ketahui adalah cara menyikapi privilege itu.

Cara menyikapinya, kamu hanya perlu mempertahankan apa yang telah kamu lakukan untuk menciptakan privilege.

Jika kamu perlu meningkatkan pendidikan, kemampuan, lebih memperluas jaringan, lakukan itu dengan benar dan baik. Dan jangan pernah mengubah sikapmu.

Privilege yang kamu miliki akan lebih dihargai jika kamu memiliki kemampuan yang diakui dibidang tersebut, kamu memiliki attitude yang baik. Karena, privilege itu memang harus dimanfaatkan, karena itu peluang yang kita miliki.

Itulah cara menyikapi privilege yang bisa kamu lakukan. Ciptakan dan pertahankan apa yang telah kamu dapatkan. Jangan hancurkan apa yang telah kamu dapatkan dengan kesan yang tidak baik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Menyikapi KDRT, Pentingnya Komunikasi!

Aku teringat dengan kejadian beberapa waktu lalu, yang berawal dari tweet dari seorang suami yang menyatakan istrinya menghilang sudah beberapa hari. Itu adalah kisah seorang dokter yang bernama Qory yang menjadi korban KDRT dari suaminya bernama Willy. Dr. Qory kabur ... Read More

Mengembangkan Proses Kecil Yang Aku Lalui!

Jika aku dulu tak masuk organisasi kampus tentang komputer dan robotik. Mungkin aku takkan semelek ini soal teknologi. Dan jika aku dulu tak mencoba hal baru, mungkin aku takkan menjadi seorang Blogger. Aku selalu teringat akan kalimat “Tidak ada yang ... Read More

Apa itu FOPO (Fear of Other People’s Opinions)?

Pernahkah kamu saat ingin mengunggah foto atau video sendiri memiliki keraguan? Seperti bagaimana tanggapan orang saat melihat postingan kita? Apakah akan ada yang menyukai atau tidak menyukai postingan tersebut? Hal ini sering terjadi, bahkan sebelum mengunggah, kita selalu memastikan foto ... Read More

Apa itu Genosida? Yang Sedang Terjadi Terhadap Palestina!

Hingga saat ini, aku masih tidak sanggup untuk melihat video-video korban peperangan Palestina. Bahkan terkesan menghindari untuk melihat video-video tersebut. Dan sekarang pun tersebar informasi tentang Peperangan Israel-Palestina yang melakukan genosida dengan tujuan menguasai wilayah Palestina. Apakah teman-teman memahami apa ... Read More

Lebih Menyenangkan Kerja Office Hour atau Shifting?

Pertanyaan lebih menyenangkan kerja office hour atau shifting ini selalu jadi pertanyaan bagi mereka yang baru masuk ke dunia kerja. Kedua jam kerja ini memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Semuanya kembali pada kenyamanan kita dalam bekerja. Karena tak sedikit dari ... Read More