Apa itu Genosida? Yang Sedang Terjadi Terhadap Palestina!

Apa sih genosida itu?
Foto: Freepik.com

Hingga saat ini, aku masih tidak sanggup untuk melihat video-video korban peperangan Palestina. Bahkan terkesan menghindari untuk melihat video-video tersebut.

Dan sekarang pun tersebar informasi tentang Peperangan Israel-Palestina yang melakukan genosida dengan tujuan menguasai wilayah Palestina.

Apakah teman-teman memahami apa itu genosida? Yuks, sebelum membahas lebih banyak terkait peperangan yang sedang terjadi, kita cari tahu terlebih dahulu.

Apa itu Genosida?

Pada tahun 1944, seorang pengacara bernama Raphael Lemkin yang merupakan yahudi Polandia membentuk kata “genocide“. Yang mana merupakan penggabungan kata geno-, berasal dari bahasa Yunani yang berarti ras atau suku, sedangkan kata –cide (sida), berasal dari bahasa Latin yang berarti pembantaian.

Sedangkan dikutip dari KBBI, Genosida merupakan pembunuhan besar-besaran secara berencana terhadap suatu bangsa atau ras. Dan ada yang bertujuan menghabisi ras tersebut atau menguasai lokasinya.

Konflik Genosida Yang Pernah Ada

Dikutip dari BBC, ada 3 kasus yang tercatat di PBB sebagai kasus Genosida. Diantaranya:

  1. Genosida Armenia, yang mana melakukan pembunuhan massal terhadap orang-orang Armenia oleh Turki Ottoman yang terjadi pada kisaran 1915-1920.
  2. Holocaust,  ini merupakan tragedi pembunuhan massal yang dilakukan oleh Adolf Hitler dan kelompok Nazi yang menyebabkan lebih dari enam juta orang Yahudi terbunuh
  3. Genosida Rwanda di Afrika, kejadian ini menewaskan sekitar 800.000 orang Tutsi dan Hutu moderat dalam genosida di tahun 1994.

Dengan catatan diatas, PBB telah menetapkan bahwa kasus Genosida masuk ke dalam suatu kejahatan internasional.

Lalu Apa Yang Terjadi di Palestina?

Setelah kita mengetahui apa itu Genosida. Lalu apa kaitannya dengan yang sedang terjadi terhadap Palestina?

Seperti yang kita ketahui, bahwa peperangan antara Israel dan Palestina hingga saat ini belum tampak titik terangnya. Tak sedikit bantuan dan berbagai program yang dilakukan agar yang terjadi di Palestina segera dapat bantuan secara internasional.

Meskipun begitu banyak yang telah dilakukan oleh masyarakat internasional untuk mendukung Palestina, nyatanya hingga saat ini peperangan terus berlanjut. Dan yang terjadi saat ini, Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina.

Bentuk yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina guna untuk melakukan genosida, dikutip dari CNN Indonesia yaitu Israel melakukan penyerangan rumah sakit di Gaza dengan tujuan agar memusnahkan warga Palestina yang ada di RS tersebut.

Bukankah ini harus menjadi sorotan PBB? Lalu kenapa tampaknya Israel tetap tidak jera melakukan serangan terhadap warga Palestina?

Yang Dapat Kita Lakukan Saat Ini

Aku teringat sewaktu kuliah, berkenalan dengan salah satu pemuda Palestina yang mengungsi ke Indonesia. Kami berkenalan melalui Instagram. Kala itu dia sering melihat postingan aku terhadap keindahan alam Indonesia.

Hingga akhirnya, dia mengirim pesan melalui DM. Saat itu aku tertarik akan kisahnya dia. Dia mengatakan bahwa dia kagum dengan kedamaian yang ada di Indonesia, dia bilang di Indonesia pun dia tidak juga bisa hidup menetap di satu wilayah.

Dia akan berpindah-pindah dari suatu wilayah ke wilayah lain dan sangat ingin belajar mendapatkan pendidikan juga.

Namun tak lama, akun dia sudah hilang, tak lagi ada. Hingga saat ini, aku tak lagi mengetahui bagaimana hidupnya dia.

Yang sangat teringat ucapannya saat itu meminta lebih perbanyak berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan warga Palestina yang masih disana.

Bahkan sudah banyak berbagai kampanye-kampanye yang menyuarakan dukungan terhadap Palestina. Di berbagai belahan dunia melakukan gerakan-gerakan untuk bisa membantu warga Palestina.

Karena yang terjadi saat ini bukanlah sekedar soal agama, namun tentang kemanusiaan. Puluhan ribu manusia yang meninggal, banyak anak yang hidup dengan ketakutan.

Pada tanggal 11-12 Januari 2024 nanti akan dilakukan sidang pertama terkait Genosida yang terjadi di Palestina. Semoga sidang ini dapat memberikan hasil sesuai yang kita harapkan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Cara Menyikapi KDRT, Pentingnya Komunikasi!

Aku teringat dengan kejadian beberapa waktu lalu, yang berawal dari tweet dari seorang suami yang menyatakan istrinya menghilang sudah beberapa hari. Itu adalah kisah seorang dokter yang bernama Qory yang menjadi korban KDRT dari suaminya bernama Willy. Dr. Qory kabur ... Read More

Mengembangkan Proses Kecil Yang Aku Lalui!

Jika aku dulu tak masuk organisasi kampus tentang komputer dan robotik. Mungkin aku takkan semelek ini soal teknologi. Dan jika aku dulu tak mencoba hal baru, mungkin aku takkan menjadi seorang Blogger. Aku selalu teringat akan kalimat “Tidak ada yang ... Read More

Apa itu FOPO (Fear of Other People’s Opinions)?

Pernahkah kamu saat ingin mengunggah foto atau video sendiri memiliki keraguan? Seperti bagaimana tanggapan orang saat melihat postingan kita? Apakah akan ada yang menyukai atau tidak menyukai postingan tersebut? Hal ini sering terjadi, bahkan sebelum mengunggah, kita selalu memastikan foto ... Read More

Lebih Menyenangkan Kerja Office Hour atau Shifting?

Pertanyaan lebih menyenangkan kerja office hour atau shifting ini selalu jadi pertanyaan bagi mereka yang baru masuk ke dunia kerja. Kedua jam kerja ini memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Semuanya kembali pada kenyamanan kita dalam bekerja. Karena tak sedikit dari ... Read More