Mengembangkan Proses Kecil Yang Aku Lalui!

Cara Mengembangkan Proses Kecil
Foto: freepik.com

Jika aku dulu tak masuk organisasi kampus tentang komputer dan robotik. Mungkin aku takkan semelek ini soal teknologi.

Dan jika aku dulu tak mencoba hal baru, mungkin aku takkan menjadi seorang Blogger.

Aku selalu teringat akan kalimat “Tidak ada yang instan, semua butuh proses”. Proses sederhana dan kecil menurutmu, bisa menjadi suatu hal yang besar.

Aku sangat menyadari, yang kita lakukan saat ini akan membentuk kita seperti apa dimasa depan. Perlahan tapi berproses.

Tak semua orang memiliki bakat dari lahir,  namun bakat bisa kita asah selama kita mau.

Untuk menjadi seorang Blogger sendiri tak pernah masuk dalam playlist cita-citaku dimasa lalu.

Aku tidak memiliki ketertarikan akan sesuatu yang menjadi pusat perhatian. Hingga pada akhirnya, aku bertemu dengan orang-orang yang selalu memberikan aku wawasan dan kepercayaan diri.

Mengembangkan proses kecil yang pernah aku lalui bukanlah hal yang mudah. Hingga akhirnya aku menganggap ng-blog salah satu hal yang menyenangkan.

Aku dan Hal Yang Aku Pelajari

Cara Mengembangkan Proses Kecil
Foto: freepik.com

Semenjak aku menginjak kaki di perguruan tinggi, pandanganku saat itu berubah, tak hanya untuk belajar saja. Namun, bagaimana caranya aku bisa berinteraksi dengan orang lain.

Aku tak mau jadi kutu buku yang hanya kampus dan rumah saja. Dan yang pastinya, kala itu aku sangat ingin mempelajari dunia IT. Aku memiliki minat ke bidang IT. Namun aku kuliah di Jurusan Kimia.

Rasanya sangat tak berkaitan diantara keduanya. Namun, if there is a will, there is a way! Akhirnya aku masuk ke kegiatan mahasiswa fakultas yang fokus terkait komputer dan robotik.

Disana aku belajar tentang hardware dan software laptop dan PC. Aku mengetahui betapa tidak adanya yang bisa kita sembunyikan di dunia internet ini.

Aku mempelajari sedikit tentang web dan database. Karena saat itu aku lebih fokus ke hardware laptop dan maintanance-nya.

Apakah berguna saat itu? Yaps, sangat berguna. Aku mendapatkan penghasilan dari skill tersebut. Tak lupa selalu try and error.

Karena tak sedikit kendala baru yang aku temukan dalam proses belajar.

Ternyata, bekal ilmu sedikit pengetahuan terkait IT ini semakin berkembang berjalannya waktu dalam berproses.

Lalu aku merantau ke Jakarta, di tahun 2017. Melihat banyaknya pusat servis laptop disini, aku menjadi pesimis. Yah, memang pasti akan ada rasa pesimis tersebut.

Untuk membentuk kepercayaan orang lain bahwa aku bisa, namun mereka akan lebih memilih ke service center brand itu langsung.

Allah SWT Maha Baik, aku bertemu dengan orang yang memberiku bekal pengetahuan terkait blog.

Sehingga akhirnya, aku bisa mendapatkan penghasil dan ketenangan dari menulis.

Proses sederhana yang aku lakukan secara konsisten, memberikan secercah cahaya yang membuka mataku secara lebar.

Bahwa, dunia ini begitu luas, tadinya aku berpikir skill ku tidak terpakai, namun Allah SWT mempertemukan aku dengan orang yang memberikan aku kemampuan baru. Terima kasih ya!

Cara Mengembangkan Proses Kecil

Tips Mengembangkan Proses Kecil
Foto: freepik.com

Pepatah mengatakan, “Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit”. Ini benar sekali. Sedikit ilmu yang kita dapatkan, jika kamu kumpulkan sedikit demi sedikit itu akan menjadi hasil yang baik.

Lalu bagaimana cara mengembangkan proses kecil versi ruangdetik.my.id? Yuks, simak!

1. Tentukan tujuan sesuai minat kita

Kita pasti akan memikirkan apa sih yang kita sukai, kita inginkan? Nah, diawal kamu harus memiliki ketetapan tujuan ini.

Saat kita sudah mengetahui apa yang kita inginkan, maka kita akan memiliki tujuan arah kita kemana.

2. Memantapkan diri

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu perlu memantapkan diri, apakah kamu mau terjun di bidang tersebut? Apakah kamu akan nyaman dan bisa melaluinya?

Ini perlu kamu pertimbangkan sedari awal. Agar tidak menghabiskan waktumu sia-sia. Meskipun tak ada yang sia-sia dalam dunia ini.

3. Manfaatkan peluang

Percayalah, disaat kita menginginkan sesuatu, selalu ada jalan kita menuju kesana. Seperti halnya aku, aku sangat ingin mempelajari komputer, dunia IT, lalu ingin bermanfaat yang bisa mempengaruhi hal yang baik kepada orang lain.

Jalan terbuka lebar, aku dipertemukan dengan orang dari komunitas IT, bertemu dengan orang yang paham dengan blog.

Jawabannya akan ada pada diri kamu sendiri. Mau atau tidak manfaatkan peluang tersebut.

4. Konsisten

Segala sesuatu pencapaian tidak luput dari konsinten. Konsisten kita mempelajari hal yang kita sukai.

Jika kita sudah konsisten, kita akan terbiasa dalam mengatur waktu untuk hal itu.

5. Menjalin hubungan dengan orang lain

Jaringan pertemanan ini memang tak akan luput dari proses yang kita lalui. Kita akan selalu dipertemukan dengan orang-orang yang dapat mengembangkan kemampun diri kita.

Maka kamu perlu jaga hubungan baik ini sehingga kamu pun dapat termotivasi dari kesuksesan-kesuksesan yang telah mereka lalui.

Itulah cara mengembangkan proses kecil yang aku lalui hingga membentuk diriku saat ini. Kalau kamu bagaimana?

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Lebih Menyenangkan Kerja Office Hour atau Shifting?

Pertanyaan lebih menyenangkan kerja office hour atau shifting ini selalu jadi pertanyaan bagi mereka yang baru masuk ke dunia kerja. Kedua jam kerja ini memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Semuanya kembali pada kenyamanan kita dalam bekerja. Karena tak sedikit dari ... Read More

Cara Menyikapi KDRT, Pentingnya Komunikasi!

Aku teringat dengan kejadian beberapa waktu lalu, yang berawal dari tweet dari seorang suami yang menyatakan istrinya menghilang sudah beberapa hari. Itu adalah kisah seorang dokter yang bernama Qory yang menjadi korban KDRT dari suaminya bernama Willy. Dr. Qory kabur ... Read More

Apa itu Genosida? Yang Sedang Terjadi Terhadap Palestina!

Hingga saat ini, aku masih tidak sanggup untuk melihat video-video korban peperangan Palestina. Bahkan terkesan menghindari untuk melihat video-video tersebut. Dan sekarang pun tersebar informasi tentang Peperangan Israel-Palestina yang melakukan genosida dengan tujuan menguasai wilayah Palestina. Apakah teman-teman memahami apa ... Read More

Apa itu FOPO (Fear of Other People’s Opinions)?

Pernahkah kamu saat ingin mengunggah foto atau video sendiri memiliki keraguan? Seperti bagaimana tanggapan orang saat melihat postingan kita? Apakah akan ada yang menyukai atau tidak menyukai postingan tersebut? Hal ini sering terjadi, bahkan sebelum mengunggah, kita selalu memastikan foto ... Read More